Menjadi Blogger yang baik

Hasbullah (kanan) fidah (tengah) fandy (kiri)

Hasbullah (kanan) fidah (tengah) fandy (kiri)

Saya adalah sesorang yang ingin menjadi blogger yang baik. Blog merupakan sarana bagi pengguna internet untuk saling berbagi informasi seperti yang banyak ditemukan ketika kita melakukan pencarian informasi di search engine seperti google dan yahoo. Saya adalah orang yang akan berbagi melalui internet. Suatu hari saya mencari informasi di internet, karena informasi itu bisa dibilang menarik, akhirnya saya mengambil tindakan untuk men-copy paste informasi tersebut ke blog saya. Beberapa hari kemudian, ada orang yang berkomentar pada artikel yang baru saya copy paste kemarin yang bunyinya kurang lebih seperti ini “cantumin sumber dong”. Dengan membaca komentar, saya merasa kalau dia marah karena saya mencopy-paste artikel dia tanpa seizinnya, bahkan tidak mencantumkan sumber dimana saya mencopy-paste.

Akhirnya di kemudian hari, saya berusaha untuk tidak mencopy-paste artikel orang lain lagi karena hal itu bukan membuat saya tidak kreatif, dan tindakan itu sama saja mengambil hak cipta seseorang.

Bukan cuma itu, selama saya menjadi seorang blogger saya pernah juga iseng iseng untuk ikut lomba blog yang diadakan oleh Komunitas Blogger Makassar yang bertemakan “Paling Indonesia”, karena memikirkan hadiahnya saya bertekad untuk menjadi juara. Saya berpikir keras bagaimana saya bisa membuat artikel >700 kata yang sesuai dengan tema dan menarik perhatian juri. Waktu penjurian mungkin ada sekitar 1 minggu. Setiap hari saya berdoa semoga saya bisa menjadi pemenang.
Pada saat pengumuman, saya mengawali nya dengan ucapan basmalah. Namun rasa kecewa muncul karena nama saya tidak tercantum dalam daftar pemenang.

Saya sungguh kecewa, benar benar kecewa. Pada hari itu, ditengah kekecewaan saya perlahan membuka blog beberapa orang yang berada dalam daftar pemenang. Setelah membaca artikel mereka, akhirnya saya sadar kalau saya masih pemula dan belum pantas menjadi pemenang. Saya selalu membayangkan hadiah yang didapat bagi pemenang, tapi sekarang hanya harapan kosong saja.

Kini saya sadar, kalau saya masih butuh belajar bagaimana menjadi seseorang blogger yang kreatif. Hal itu dapat saya capai dengan rajin membaca dan selalu optimis.

Dan sekarang, saya telah menulis di hasbullahmarwan dengan artikel yang saya buat sendiri, dan banyak komentar dari penjelajah internet. Jikalau ada artikel yang bukan milik saya sesungguhnya saya akan mencantumkan sumber.

4 thoughts on “Menjadi Blogger yang baik

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak

