One day trip in Liukang Loe Island

Hello pembacaku yang sudah jarang tersesat di blog ini, maaf seribu maaf karena aku kekurangan waktu untuk merawat 2 blog berhubung dengan studi ku di State Polytechnic of Ujung Pandang. Dibalik kesibukan itu aku kini membawa cerita untuk kalian.

Saat ini kehidupanku adalah kampus 80% dan rumah 20% berhubung ada server yang harus dijaga tiap malam agar tetap aktif walaupun itu sambil melakukan aktifitas lain seperti kerja tugas, eksplor sesuatu yang baru tentang studi ku, nge-youtube atau nge-LOL. Bersamaan dengan itu tentunya aku juga kuliah sama seperti yang lain tapi semuanya terlupakan karena satu hari liburan di Pulau Liukang Loe.

One day trip in Liukang Loe IslandTepatnya lokasi Pulau Liukang Loe berada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Aku pergi dengan 15 orang lainnya dengan Bus Pariwisata yang disewa seharga Rp 3.000.000 untuk satu malam itu sudah termasuk bensin.

Untuk sampai ke Pulau Liukang Loe, kami harus ke Tanjung Bira, Bulukumba dengan mengendarai Bus Pariwisata yang memakan waktu perjalanan kurang lebih 5 jam. Sesampai disana kami disambut oleh orang yang akan mengantar kami ke Pulau Liukang Loe.

Kami menginap di Wisma Liukang Loe yang dikelola oleh Pak Ramli, beliau adalah yang orang yang baik sebaik layanannya. Kami menyewa 5 kamar setelah terjadi cekcok kami dikasih Rp 2.000.000 ditambah dengan 2 perahu yang antar-jemput kami seharga Rp 600.000. Murahkan? Murah dong, sebanding dengan penginapan yang kami dapatkan. Tiap kamar memiliki tempat tidur yang empuk, AC dan kamar mandi yang airnya bisa tumpah-tumpah alias banyak serta di depan penginapan terdapat kran air untuk cuci kaki jika kita mau naik ke rumah biar tidak berpasir. Bukan cuma itu, penginapan tersebut langsung berhadapan dengan keindahan pantai.

One day trip in Liukang Loe Island
First impression when we arrive

Bagaimana dengan makanan? Hidangan makanan oleh Pak Ramli si pemilik Wisma Liukang Loe yaitu prasmanan, 1 orang dikenakan harga Rp 40.000. Mahal ya? Jika dibandingkan di makassar, harga segitu udah dapat makanan kelas atas. Hidangan makanan di pulau liukang loe terasa kita dibawa ke tempat asal kita, makanannya tradisional banget pokoknya.

Sesampai di tanjung bira, kami harus menaiki perahu untuk sampai ke Pulau Liukang Loe yang memakan waktu 20 s/d 30 menit. Terakhir kali aku naik perahu pas masih kecil, ingatanku masih samar-samar perasaan ku kurang enak entah karena lagi butuh makan atau mabuk laut.

Saat sampai, Pak Ramli dengan gaya khasnya menyambut kami di pinggir pantai dengan meja-meja yang sudah tersusun untuk tempat kami makan. Setelah menunggu cahaya matahari tidak panas kami siap terjun ke lautan pasir putih.

Bersamaan dengan itu, ada sekumpulan turis yang lebih dulu datang di dalam hatiku “aku harus berbicara dengan salah satu diantara mereka”. Kondisinya aku menendang bola tidak sengaja ke tempat turis tersebut berendam and i’m coming.

“where are you come from?”
“Spain”
“You know despacito?”
“Yes, i know….” kemudian dia menjelaskan bahwa despacito adalah bahasa Spanyol namun lagunya berasal dari Amerika. Aku juga tidak tahu pasti, yang penting aku sudah berbicara dengan mereka.

One day trip in Liukang Loe Island
Talking with tourist from Spain

Kemudian aku lanjut bermain dengan yang lainnya, lalu aku melihat salah satu 1 turis yang merupakan teman turis yang kuajak bicara diawal, aku memberanikan diri untuk mendatanginya kemudian menanyakan banyak hal kepadanya. Dia bernama Hoan (43 tahun) adalah guru fisika, tepatnya dia berasal dari Madrid. Ternyata setelah dari bulukumba dia akan ke Bali lalu pulau komodo.  Setelah lama berbicara, mereka mau kembali ke Tanjung Bira karena dia menginap disana, sebelum berangkat aku mengajak salah satu turis cewe berbikini untuk foto namun tidak tersave itu 1 hal yang membuatku kesal.

Di malam hari, aku dan teman-teman menikmati bintang yang berhamburan di langit dan angin laut yang begitu menusuk. Tidak kuat, jadi aku masuk ke penginapan karena aku sudah lelah berenang part 1.

DSCF4845

Keesokan hari, kegiatan diawali dengan bermain bola dan aku adalah bagian pengambilan gambar dan video 😀 . Sebelum hari mulai panas aku dan teman-teman pergi ke dermaga karena disana ada penangkaran penyu. Untuk masuk berenang bersama penyu kami dikenakan biaya Rp 10.000 per orang, oke ini adalah berenang part 2. Kondisinya sama seperti kolam renang namun di dalamnya terdapat ikan warna-warni, lobster dan tentunya ada penyu besar, saking beratnya aku tenggelam jika bertumpu dengannya.

Setelah capek dari penangkaran penyu, terakhir adalah banana boat. Pak Ramli menghubungi rekannya yang ada di Tanjung Bira untuk datang ke pulau. Dikenakan biaya Rp 200.000 / 6 orang. Aku baru pertama kali mencoba banana boat dan tidak pakai pelampung karena cuma ada 5 pelampung, berhubung aku jago berenang eaaa. Sialnya orang yang menarik kami memang sengaja menjatuhkan kami ditengah laut, 1 hal yang membuatku kesal karena rekamanku pas jatuh tidak tersave. Disitulah aku lelah untuk terus bertahan mengapung tengah laut, ini adalah berenang part 3 ku.

Untitled-1

Liburan sudah hampir berakhir, sudah siang dan cahaya matahari mulai membakar kulit. Aku mandi dan makan terakhir di Pulau Liukang Loe benar-benar tidak bisa gerak karena porsi yang pas. Setelah makan kami kembali ke Tanjung Bira, ombak lumayan tinggi dan aku benar-benar menikmati hamparan lautan luas yang terpikirkan “benar-benar kuasa mu ya Allah” kemudian aku membayangkan “bagaimana jika aku sendiri yang berenang di tengah laut biru gelap yang sedang kulewati sekarang, sanggupkah?”.

Di perjalanan pulang, kami sempatkan untuk singgah di Pantai Marina, Bantaeng tapi perasaan ku mengatakan biasa-biasa saja, mungkin perasaanku masih di Liukang Loe. Perjalanan panjang aku tertidur pulas di mobil.

Advertisements

One thought on “One day trip in Liukang Loe Island

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.